Posted by: gagah35 | February 23, 2010

Robot Di Jepang

Ketika robot kerap kali mendatangkan pertentangan di negara-negara Barat karena adanya kemungkinan mereka dapat menggantikan manusia di masa depan atau akan mengakibatkan emosi palsu, masyarakat Jepang secara umum malah memperlihatkan antusiasme tinggi terhadap segala jenis robot. Beberapa manga(komik Jepang) dan anime populer tentang robot pun mulai dibuat dan memiliki konstribusi penting dalam pembentukan perspektif positif masyarakat Jepang terhadap robot. Cikal bakal robot di Jepang telah ada sejak jama Edo (1603-1867) yaitu sebuah boneka mekanik yang diberi nama Karakuri Ningyo. Robot mulai benar-benar dikembangkan pada tahun 1973,oleh Ichiro Kato professor dari Univ. Waseda. Ia membuat WABOT-1 robot robot humanoid pertama yang memiliki sepasang tangan,kaki dan mata yang dilengkapi dengan 2 kamera. Selanjutnya pada masa sekarang ini banyak jenis robot yang dikembangkan di Jepang, yang populer diantaranya:

ASIMOASIMO

Asimo adalah sebuah robot humanoid yang diciptakan oleh Hondo Motor Company. Tingginya 130 cm dengan berat mencapai 54 kg,menyerupai astronot kecil yang membawa sebuah backpack dan bisa berjalan di atas dua kaki dengan kecepatan 6 km/jam. Secara resmi nama Asimo merupakan akronim dari Advance Stepin Innovative Mobility. Menurut pernyataan resmi Honda pemberiam nama tersebut tidak ada hubungannya dengan nama penulis science fiction dan penemu Three Laws of Robotics Issacc Asimov. Selama 2007 telah ada 47 unit Asimo. Per unitnya dibuat dengan dana mendekati 1 juta US dollar dan beberapa unit bisa disewa dengan 166.000 US dollar per tahun. Asimo mampu mengenali objek bergerak dengan kamera yang terdapat dikepalanya, mendeteksi pergerakan beberapa objek, memperkirakan jarak dan arah, mengenali postur dan gestur, dapat mengenali objek dan lingkungan yang ada disekitarnya juga bertindak demi keselamatannya dan manusia yag ada di dekatnya. Sebagai contoh: mengenali potensi bahaya pada tangga dan berhenti berjalan untuk mencegah menabrak manusia atau benda bergerak lainnya. Asimo juga dapat membedakan suara manusia dan bunyi-bunyian  lainnya. Asimo bisa memberi respon bila namanya dipanggil, menatap wajah orang yang sedang mengajaknya berbicara dan mengenali secara cepat bunyi benda jatuh atau benturan dan menghadap ke sala suara. Asimo dapat mengenali wajah seseorang meskipun ia atau orang itu sedang bergerak. Asimo dapat mengenali kira-kira 10 wajah yang sudah didaftarkan dan dapat pula memanggil nama mereka. Asim juga dapat memberikan salam pada pengunjung yang datang dan memberi informasi atas kedatangan seseorang dengan mentransmisikan pesan dan foto pengunjung serta memandu pengunjung ke tempat yang telah ditentukan. Selain itu dengan mengakses internet Asimo juga dapat memberikan informasi berupa berita dan prakiraan cuaca.

ACTROID

ActroidActroid adalah robot humanoid dengan tampilan yang menyerupai manusia yang sesungguhnya, dikembangkan oleh Univ. Osaka dan diproduksi oleh Kokoro Company Ltd(divisi animatronik Sanrio). Diperkenalkan pertama kali pada International Robot  Exposition tahun 2003 di Tokyo, Jepang. Banyak produk dengan versi yang berbeda diciptakan setelahnya. Biasanya penampilan robot ini dibuat menyerupai wanita muda kelahiran Jepang.

Actroid adalah contoh pelopor untuk mesin nyata yang mirip android atau gynoid dalam fiksi ilmiah. Actroid mampu berekspresi seperti mengedipkan mata, berbicara, dan bernafas. Kulit Actroid dibuat dari silikon dan tampak menyerupai kulit manusia asli. Sebanyak 47 sensor penggerak dipasangkan di bagian tubuh atas Actroid, sehingga mampu membuatnya bereaksi cukup cepat untuk melakukan atau menangkis tamparan atau tinju. Namun sejauh ini pergerakan tubuh bagian bawahnya masih terbatas.

AIBO & Q-RIO

aibo dan qrio

Q-RIO dan AIBO

AIBO atau Artificial Intelligence Robot adalah satu dari beberapa jenis hewan robotik yang dirancang dan dibuat oleh Sony tahun 1999.  Mampu untuk berjalan, mengenali lingkungan sekitarnya dan mengenali perintah. Dengan menginstall software khusus yang diberi nama AIBO ware, AIBO mampu untuk “berkembang” dari tahapan anak anjing sampai menjadi anjing dewasa yang dapat mengerti 100 perintah suara. Tanpa AIBO ware AIBo hanya dapat menjalankan “clinic mode” dan hanya melakukan gerakan sederhana.  Q-RIO atau Quest for Curiosity adalah nama yang diberikan oleh Sony Dream Robot(SDR) pada robot humanoid yang diluncurkan oleh Sony untuk mengikuti kesuksesan pendahulunya AIBO. Q-RIO memiliki tinggi sekitar 0,6 meter dan berat73 kg. Q-RIO mampu mengenali wajah dan suara untuk mengingat seseorang.

Wakamaruwakamaru

Wakamaru adalah robot buatan Mitsubishi Heavy Industries yang diciptakan sebagai rekan manula dan penyandang cacat. Robot berwarna kuning dengan berat 30 kg dan tinggi 1 meter ini memiliki 2 buah tangan dan dasar yang datar berbentuk bulat dengan diameter 45 cm. 100 unit pertama Wakamaru dijual pada September 2005 dengan harga 14.000 US dollar per unit. Wakamaru dijalankan dengan Linux operating system pada multiple microprocessors. Bisa dihubungkan dengan jaringan internet dan memiliki kemampuan bicara yang terbatas, termasuk didalamnya fungsi sebagai pengingat jadwal minum obat dan meminta pertolongan bila mendeteksi adanya bahaya.

Lalu kapankah Indonesia dapat menciptakan robot next-gen sendiri dan asli buatan Indonesia?. Hanya waktu yang bisa menjawab.


Responses

  1. pertamax nih…

    Kalo menurut saya, anak2 indonesia sebenernya berpotensi tinggi.
    Cuma rendahnya kemampuan bangsa ini untuk menghargai hal2 seperti itu cukup berpengaruh besar. Apalagi sistem pendidikan kita yang masih cuma berorientasi nilai, bukan aplikasi ilmu pengetahuan yang di dapat.

    Salam kenal…

    http://www.indonesiatekno.wordpress.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: