Posted by: gagah35 | October 12, 2010

Bisnis Informatika: Kiat Membangun sebuah Bisnis

Secara garis besar ada beberapa faktor-faktor penting untuk dapat sukses dalam menjalankan sebuah bisnis online diantaranya adalah:

  1. Mempunyai produk sendiri (original karya anda sendiri)
  2. Optimalkan dan efektifkan website Anda secara tepat
  3. Gunakan prinsip direct selling
  4. Bangun mailing list dan terbitkan ezine
  5. Pasang harga kompetitif pada produk Anda
  6. Kembangkan keunikan website Anda
  7. Rancang reseller program untuk bisnis Anda
  8. Maintainnence terhadap situs Anda
  9. Jalankan proyek kerjasama dengan webmaster Lain
  10. Otomatiskan bisnis Anda

Mari kita bahas pentingnya faktor diatas satu per-satu!

1. Mempunyai Produk Sendiri (Original)

Mungkin anda bisa mendapatkan suatu produk (tepatnya produk yang bersifat informasi atau e-book) dengan mudah di internet bahkan anda bisa mendapatkannya secara gratis di internet kemudian anda tinggal anda edit sedikit setelah itu anda jual. Tapi saya yakin bisnis anda tersebut tidak akan berjalan lama, kenapa demikian? Banyak hal yang akan mempengaruhi, salah satu yang mendasar adalah anda tidak mengenali produk anda 100% persen. Sehingga jika ada costumer anda yang ingin menanyakan perihal produk anda pasti dengan sangat yakin saya dapat menebak bahwa anda akan menjawabnya tidak dengan 100% pula, pasti ada keraguan di dalamnya. Selain itu, kemungkinan orang lain juga menjual produk dengan type yang sama dengan produk anda. Hmmmm, dan masih banyak hal lain yang akan membuat anda bangkrut.

Agar anda bisa sukses menjalankan bisnis secara online, anda harus memiliki produk sendiri. Suatu produk yang berhak anda pasarkan dan mendapatkan 100% profit darinya. Dari seluruh pondasi bisnis, kepemilikan produk adalah syarat pertama yang harus dipenuhi.

2. Optimalkan dan Efektifkan Website Anda Secara Tepat

Bisnis online dapat saya bilang sebagai bisnis investasi jangka panjang, saya tidak akan bilang dengan anda memulai bisnis on-line lalu dalam hitungan hari anda langsung kaya mendadak. Sekali lagi saya tekankan pertama-tama memang anda memerlukan tenaga dan semangat ekstra pada awal anda menjalankan bisnis ini. So, pemilihan desain web yang tepat sangat mempengaruhi dalam keberhasilan anda, apa saja itu:

–          Dalam pemilihan warna yang dominant pada halaman web anda sebaiknya meggunakan warna yang nyaman apabila di lihat oleh mata. Hindari warna kontras seperti merah dan hitam pada warna dominant pada setiap halaman web anda.

–          Jika anda ingin menambahkan aplikasi tambahan seperti “flash” dan lain-lain, perhitungkan secara cermat kira-kira akan mempengaruhi proses loading gak! Anda boleh menambahkan animasi tambahan seperti flash agar web anda kelihatan lebih dinamis tetapi dengan kapasitas propertinya tidak terlalu besar sehingga tidak akan berdampak besar terhadap proses loading situs anda.

Usahakan nama domain (nama situs) anda berawalan kata “go” . Kenapa demikian kata awalan “go” merupakan awal dua huruf yang sangat dekat dengan memori masyarakat kita, yaitu situs pencari raksasa yang menguasi search engine dunia yaitu “google.com” . Lau dimana letak rahasia kenapa di usahakan agar nama domain anda berawalan”go”, Oke penjelasannya begini, setiap orang ke internet (warnet umumnya di Indonesia) jika mencari sesuatu pasti lari dulu browsing ke “google.com” nah, jika sebelumnya situs anda (misalnya anda memilih domain nama situs anda “go-kerja.com”) telah di browsing sekali saja, maka akan terekam sebagai cookies di computer local. Jadi ketika ada orang lain yang membrowsing situs “google.com” sewaktu menulis huruf g yang pertama, maka secara tak langsung nama domain anda akan terekam di desktop bawahnya:

–          Jika tujuan anda membuat website adalah untuk menghasilkan uang… lalu, respon apakah yang paling anda inginkan dilakukan oleh para pengunjung setelah mereka mendatangi website anda? Adakah anda melihat sesuatu yang seharusnya tidak perlu ditampilkan di situ? Flash yang berlebihan misalnya? Gambar yang berlebihan? Atau lusinan links yang membawa keluar pengunjung? Amatilah bagaimana saya merancang setiap teks, links, dan gambar sedemikian rupa sehingga menuntun pengunjung menuju pembelian. Tujuan utama saya merancang website adalah untuk menghasilkan uang. Saya tidak akan menghasilkan uang dengan memberikan flash. Saya hanya akan menghasilkan uang jika mereka membeli produk saya. Jika mereka tidak membeli produk saya saat itu juga, saya masih memiliki data kontak mereka. Saya bisa follow up mereka sampai akhirnya mereka mau membeli produk saya.

–          Jadi, sebelum anda merancang website… tentukan:

1.      Apa tujuan anda merancang website?

2.      Apa respon yang paling di inginkan dilakukan pengunjung?

3.      fokus pada respon paling besar pengunjung web anda!

3. Gunakan Prinsip Direct Selling

Website yang bagus adalah yang bisa MENJUAL produknya. Jika anda ingin pengunjung membeli produk anda, maka anda harus MENJUAL-nya kepada mereka. Jika anda ingin

mereka memasukkan nama dan email mereka sebagai daftar prospek, anda harus MENJUAL dengan memberikan manfaat kepada mereka.

Setiap orang memiliki alasan yang berbeda kenapa mereka merancang website. Sekedar untuk belajar, atau untuk memamerkan kemampuan mereka? Itu hak mereka. It’s OK! Tetapi saya… dan semua orang yang pernah membeli produk saya, INGIN merancang website yang bisa MENJUAL. Website anda harus bisa menjual, atau anda akan bangkrut!

Dapatkan perhatian pembaca, katakan kepada mereka manfaat dari penawaran anda. Tunjukkan kepada mereka bagaimana orang lain juga menyukai produk anda, dan biarkan mereka mencoba produk anda dengan bebas, tanpa resiko. Jika anda mau konsentrasi, duduk dan mulai menuliskan jawaban atas pertanyaan “mengapa saya perlu membeli produk anda?”… maka seluruh isi jawaban tersebut merupakan 90% materi sales letter anda! Sales latter adalah artikel atau tulisan di halaman web anda yang dapat menyakinkan dan mempengaruhi pengunjung web sehingga akhirnya melakukan pembelian terhadap produk yang telah di tawarkan.

Berikut ini secara garis besar kesalahan yang sering di lakukan oleh pelaku bisnis online dalam penulisan sales latter:

# Tidak terdapat headline

Saya seringkali melihat website yang diawali dengan “Selamat datang di website kami!… bla bla bla…”. Dan parahnya, kebanyakan website tersebut tidak menampilkan headline atau topik utama secara jelas. Hal paling pertama yang seharusnya dilihat orang saat mengunjungi website anda bukanlah foto anda, dan juga bukan gambar presentasi flash. Sebagus apapun flash tersebut! Yang dibutuhkan pengunjung anda adalah headline. Topik utama website anda. Letakkan headline di posisi paling atas halaman web anda, dan dalam ukuran yang lebih besar dari pada semua materi berikutnya. Tulislah headline dalam format yang paling mudah terbaca. Jika headline anda tidak sanggup membuat mereka berhenti di website anda, maka seluruh sisa materi website anda tidak akan ada gunanya sama sekali.

# Tidak menampilkan manfaat dan fitur

Maksudnya, dalam penulisan sales later anda harus mencatumkan deskripsi dan keunikan manfaat produk anda yang tidak di miliki oleh produk lain. Sehingga pembeli dapat memiliki bayangan tentang bagaimana produk yang anda tawarkan.

Anda harus selalu mengkombinasikan dua hal tersebut, fitur dan manfaat. Jika produk yang anda tawarkan adalah mobil mewah, fiturnya adalah segala kelengkapan canggih yang ada di mobil tersebut. Sedangkan manfaatnya adalah keamanan yang lebih tinggi, technologi yang baru, penghematan karena keawetan mobil saat mereka menggunakannya dll.

# Tidak ada kata kepuasan konsumen

Setiap orang ingin tahu hasil seperti apa yang telah diperoleh para customer lama setelah mereka membeli produk atau servis anda. Jadi gunakan testimonial (kata kepuasan) dari para pelanggan anda. Lebih banyak kata kepuasan yang anda miliki, maka akan lebih baik penjualan yang anda hasilkan. Tampilkan kalimat kepuasan yang spesifik terhadap bagian tertentu produk anda. Manfaat nyata untuk mereka. Tampilkan nama dan alamat orang tersebut. Bahkan akan lebih baik lagi, jika anda menampilkan foto para pelanggan yang puas dengan produk anda.

# Tidak ada garansi

Membeli segala sesuatu itu mengandung resiko. Terlebih lagi jika kita membeli dari Internet. Anda membeli produk yang tidak kasat mata dan mungkin anda juga tidak begitu mengenal orang yang menjual produk tersebut.

Ambillah resiko mereka (customer anda) sebanyak mungkin. Tawarkan garansi kepada mereka dalam jangka waktu selama mungkin… 90 hari, 180 hari, satu tahun dan sebagainya. Jika dengan alasan apapun mereka mencoba produk anda dan tidak menyukainya, mereka berhak meminta uang kembali.

4. Mailing list dan terbitkan ezine

Membangun mailing list sangat vital untuk bisnis anda. Mailing list adalah daftar prospek anda. Tanyakan ke setiap webmaster sukses manapun, apakah aset mereka yang paling berharga. Jawaban mereka bukanlah produk. Bukan karena lokasi. Dan bukan juga komputer mereka. Aset yang paling bernilai buat mereka adalah daftar prospek, email list.

Mailing list harus menjadi tujuan utama anda selain menghasilkan penjualan. Jika website anda fokus pada menjual produk, maka jangan pernah lupa menangkap data kontak setiap pengunjung yang belum memutuskan untuk membeli produk anda. Ini bisa dilakukan dengan cara menawarkan informasi atau produk gratis tertentu. Sebagai timbal baliknya, mereka meninggalkan data kontak untuk anda.

Jika anda punya info baru, hubungi mereka. Jika anda memiliki penawaran khusus, hubungi mereka. Jika ada update terbaru mengenai produk anda, hubungi mereka. Sekali anda memiliki daftar prospek, maka selanjutnya anda tidak akan kesulitan melakukan usaha pemasaran kepada mereka. Satu cara yang sangat dianjurkan adalah dengan menerbitkan ezine secara berkala. Ezine adalah informasi tertentu tentang materi produk anda, dengan tujuan untuk mendidik dan menjaga hubungan dengan para prospek.


5. Pasang Harga Kompetitif

Memiliki harga yang lebih rendah akan merampingkan profit satuan anda, dan akan meningkatkan volume penjualan. Jika anda memiliki toko kelontong, dan di samping anda baru dibangun supermarket kelontong dengan harga yang lebih murah, maka bisa di pastikan bisnis anda akan bangkrut. Tapi ingat, harga yang lebih rendah belum berarti harga kompetitif. Jangan lupa untuk bermain dengan nilai nominalnya, di mana pada saat ini harga AMVI sebesar Rp 98.000,- BUKAN Rp 100.000,- . Memang sekilas perbandingan harga tersebut tidak berpengaruh. Tapi bagaimana jika dalam satu hari terjadi 1000 transaksi pembelian, percaya atau tidak permainan angka nominal tersebut akan sangat berpengaruh.

6. Adanya Keunikan Website Anda

Apa yang membuat website anda unik? Mengapa mereka harus membeli dari anda? kenapa tidak dari kompetitor anda? Jika anda tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut,

maka saya garansi para pengunjung pun tidak akan mengetahui jawabannya. Dan jika tidak terdapat alasan yang cukup kuat bagi mereka untuk melakukan bisnis dengan anda dibandingkan dengan yang lain, maka anda akan kehilangan mereka. Apa yang membuat anda lebih baik daripada yang lain? Manfaat tambahan apa yang hanya mereka dapatkan dari anda? Jadi kira-kira apa saja yang membuat wesite dan produk anda mempunyai ciri khas dan memiliki karakter:

#1 – Kualitas yang lebih baik

Anda bisa berfokus dalam mengembangkan produk yang berkualitas tinggi dan memasarkannya pada target yang sesuai. Sebagai contoh, mercedes memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada toyota. Tapi dia tetap menghasilkan tingkat penjualan yang tinggi karena mercedes sangat berfokus pada kualitas produksinya. Anda bisa meniru model ini untuk produk anda. Daripada berkompetisi dengan harga yang lebih murah, jadilah lebih mahal. Berfokuslah pada pemberian kualitas produk yang di atas rata-rata pesaing anda. Berpikirlah nilai, bukan harga untuk model produk seperti ini. Nilai dan harga adalah dua hal yang sangat berbeda.

#2 – Garansi dan masa jaminan yang lebih panjang

Lupakan garansi 30 hari, dan mulailah tunjukkan masa garansi yang membuktikan bagusnya produk anda. Garansi produk anda selama 90 hari, 180 hari, 365 hari, tiga tahun, atau bahkan untuk selamanya. Jika pesaing lain hanya berani memberi garansi 30 hari, maka garansi satu tahun anda akan memenangkan persaingan. Anda bisa mengembangkan dominasi pasar dengan memberikan garansi dan jaminan yang lebih baik daripada orang lain. Tunjukkan kepada para customer anda bahwa anda berani dan siap berdiri di balik produk anda. Lakukan itu di saat kompetisi lain tidak berani melakukannya.

#3 – Bonus yang lebih bernilai

Jika anda bisa memberikan nilai yang lebih tinggi dari setiap rupiah yang dikeluarkan para customer, maka mereka akan lebih memilih membeli dari anda daripada para pesaing anda. Sertakan bonus gratis di setiap produk utama yang anda jual. Tidak harus berupa produk ciptaan anda sendiri. Anda bisa gunakan produk orang lain sebagai bonus, dengan catatan anda memiliki ijin melakukannya.

#4 – Pelayanan pelanggan

Banyak perusahaan yang berupaya mati-matian menarik hati sang prospek. Namun setelah prospek menjadi pembeli, mereka tidak melayani pelanggan dengan baik. Gunakan peluang meraih hati prospek! Ini bisa anda lakukan dengan cara serius melayani mereka, sebaik-baiknya. Tempatkan para prospek dan customer dalam posisi teratas. Pekerjakan satu orang khusus untuk melayani pelanggan dengan baik dan cepat.

#5 – Pilihan yang lebih banyak

Inilah ciri khas Amazon. Dia adalah toko buku terbesar di dunia. Di mana, biasanya toko buku besar lainnya hanya mampu menyediakan maksimal 60.000 judul buku. Tetapi Amazon, menyediakan seluruh jenis buku yang pernah diterbitkan di dunia. Jumlahnya… jutaan!! Jika perusahaan lain hanya sanggup menampilkan 3-4 warna dengan 3 model berbeda, maka perusahaan anda bisa menampilkan 27 warna dan 15 model berbeda. Keuntungan konsep seperti ini bisa anda manfaatkan di web.

#6 – Market yang spesifik

Ketimbang menjalankan website untuk semua bisnis, anda bisa fokus dengan menjalankan bisnis hanya untuk konsultan, pecinta otomotif, agen real estate atau yang lain. Dengan kata lain, konsentrasikan pasar anda dan lakukan spesialisasi pada bidang tertentu.

#7 – Servis yang lebih cepat

Kita hidup di jaman yang serba instan. Setiap orang menginginkan pelayanan yang cepat. Jika saat ini customer anda melakukan pemesanan, lakukan pengiriman hari ini juga. Anda jangan sekali-kali bilang, bahwa produk anda akan sampai ke tangan konsumen minggu depan. Anda pasti akan ditinggal oleh mereka. Jika anda bisa memberikan servis

yang lebih cepat daripada kompetitor lain, maka bisnis anda akan lebih disukai. Mereka akan lebih mempercayai anda dan ini sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis anda.

7. Rancang Reseller Program Untuk Bisnis Anda

Pernahkah anda membayangkan memiliki tenaga penjual yang akan mempromosikan servis ataupun produk anda tanpa henti? Yang lebih hebat lagi, seluruh tenaga penjual anda bergabung secara sukarela dan setiap orang dari mereka dengan antusias memperkenalkan produk anda ke orang lain. Jika anda menjalankan bisnis secara konvensional, hal ini sangat sulit terjadi. Kecuali jika anda memiliki dana besar untuk merekrut para armada penjual. Melakukan training terhadap mereka dan kemudian memantau hasil penjualan mereka. Repot! Bagaimana dengan bisnis online? Mungkinkah? Jika saya menjawab pertanyaan tersebut dengan “mungkin”, kelihatannya kurang pas. Saya lebih suka menjawab “HARUS!”. Saya sangat menganjurkan setelah anda siap dengan bisnis anda, rekrutlah sebanyak mungkin tenaga penjual untuk produk anda. Rancanglah program reseller. Atau dikenal dengan program affiliasi. Yang dimaksud dengan program reseller adalah suatu bentuk kerjasama di mana kita sebagai pemilik usaha merekrut tenaga penjual. Mereka tidak perlu mempersiapkan website, melayani pembelian dan sebagainya, karena semua sudah anda siapkan. Tugas mereka hanyalah mendatangkan sebanyak mungkin pengunjung ke website anda. Dan setiap penjualan yang dihasilkan atas rekomendasi mereka, maka mereka berhak mendapatkan komisi dari anda.

8. Maintainnence Terhadap Website atau Situs Anda

Hal ini penting, sebagaimana kita ketahui bisnis on-line sifatnya sangat open source (dapat di nikmati dan di lakukan oleh siapa saja) sehingga data-data yang bersifat pribadi bisa saja jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab (Black Hacker/ cracker misalnya) dan gangguan teknis lainnya. Namun jangan kuatir, jika andaikan hal itu terjadi kemungkinan besar hacker tersebut hanya mengambil data prospek maillis anda walaupun kemungkinan yang lebih buruk bisa saja terjadi. Namun sangat saya anjurkan jika anda telah benar terjun dalam bidang ini alahkah bijaknya agar anda juga mempelajari bahasa pemograman web (minimal dasar-dasarnya), untuk panduannya bisa anda dapatkan di Toko Buku di sekitar anda. Namun maintenance disini, saya lebih menekankan agar anda mungkin sekali dalam sebulan atau sekali dalam seminggu, anda sebaiknya melakukan pengecekkan link-link yang ada di situs anda. Atau setidaknya anda berpura-pura sebagai visitor yang mengunjungi web anda, priksa apakah semua link atau navigasi telah berjalan semestinya atau ada yang broken dan sebagainya!…

9. Jalankan Proyek Kerjasama Dengan Webmaster Lain

Percaya atau tidak, tidak satupun webmaster yang sukses saat ini bisa berhasil hanya dari usaha mereka sendiri, termasuk diri saya Mereka juga mencari bantuan untuk membangun bisnisnya. Salah satu kunci sukses bisnis di Internet adalah secara berkala berpartisipasi dalam proyek kerjasama dengan webmaster lain. Istilah asingnya joint venture. Maksudnya, suatu proyek di mana anda mengkombinasikan aset-aset anda (customer, periklanan, produk, servis, pengetahuan, keahlian, traffic, dsb) dengan para webmaster lain yang memiliki prospek serupa namun tidak bersaingan.

Sebagai contoh:

Mungkin kekuatan anda adalah mampu memproduksi e-book berkualitas tinggi untuk dijual secara online. Tetapi anda hanya memiliki prospek yang sedikit. Di lain sisi, anda kenal dengan seseorang yang telah mengelola mailing list untuk ezine mingguan dia. Anggota mailing listnya banyak sekali. Dia membutuhkan produk untuk dijual, tapi tidak memiliki waktu untuk merancangnya. Di sini proyek kerjasama terjadi. Anda kombinasikan aset anda (produk) dengan aset dia (prospek) sehingga bisa mendatangkan keuntungan bersama. Anda yang sediakan produk, dia yang menjualnya, dan anda berdua menghasilkan masing-masing 50% dari profit. Ini tidak akan terjadi jika anda bekerja sendiri-sendiri. Di dunia bisnis Internet, terdapat ribuan ide proyek kerjasama, jadi mustahil membahas seluruh ide tersebut. Namun yang perlu anda ingat adalah, lakukan proyek kerjasama dengan orang lain. Anda akan meraih lebih banyak manfaat dari model kerjasama pemasaran seperti ini.

10. Otomatiskan Bisnis Anda

Jika anda sudah memahami konsep sebelumnya di atas, sekarang saatnya menjalankan seluruh kunci tersebut secara otomatis. Tapi jangan salah, walaupun seluruh sistem akan dijalankan otomatis, anda masih akan tetap membutuhkan kerja. Sistem otomatisasi hanya untuk membantu pekerjaan utama anda, yaitu membangun bisnis. Bisakah anda bayangkan betapa sulitnya melakukan follow up ke ribuan prospek setiap hari jika seandainya itu semua anda lakukan secara manual seorang diri? Pasti anda tidak akan pernah bisa menyelesaikannya. Bagaimana jika setiap proses pembelian di tengah malam gagal terjadi hanya karena anda tertidur? Bagaimana cara anda memantau hasil penjualan reseller dan memberi mereka komisi jika anda melakukannya secara manual? Kantor anda pasti akan penuh dengan kertas kerja, dan berantakan!

Setiap bisnis online yang sukses menggunakan sistem otomatis di dalamnya. Sistem otomatis untuk menghasilkan prospek baru, sistem otomatis untuk melakukan follow up tanpa henti, sistem otomatis untuk melayani pemesanan, pengiriman, dan sebagainya. Anda juga perlu mengotomatiskan pemantauan kegiatan reseller, memantau trafficnya, hasil penjualannya dan membagikan komisinya.

Selain faktor-faktor diatas masih ada lagi faktor yang tidak kalah pentingnya,yaitu faktor mental dan faktor doa. Dimana faktor mental yang dimaksud adalah sifat sabar,berani,pantang menyerah,selalu mencari peluang dan juga tidak sombong bila sukses. Kemudian faktor doa juga penting sebab sebagai makhluk yang beragama kita tidak mempunyai daya apapun terhadap kehidupan kita maka dari itu senantiasalah berdoa untuk kesuksesan dari bisnis yang kita jalani.

Semoga saran serta masukan dari saya bermanfaat. Terima kasih telah membaca.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: