Posted by: gagah35 | June 3, 2011

Pilah-pilih smartphone! iPHONE 4 vs Android

Akhir-akhir ini kita sering melihat banyak sekali iklan-iklan tentang yang menawarkan berbagai macam ponsel next-gen yang lebih akrab disebut Smartphone. Dan pastinya anda sudah tidak asing dengan nama i-Phone dan Android. Ya, kedua nama tersebut merupakan rival dalam bidang smartphone dimana tentunya keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Nah kali ini kita akan membandingkan kedua jenis smartphone tersebut untuk memilih smartphone apa yang lebih cocok untuk Anda.

Android

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler. Sampai sekarang Android telah dirilis hingga beberapa versi, Android Honeycomb adalah versi terbaru yang telah dikeluarkan.

i-Phone

iPhone adalah telepon genggam revolusioner yang diproduksi oleh Apple Inc. yang memiliki fungsi kamera, pemutar multimedia, SMS, dan voicemail.

Selain itu telepon ini juga dapat dihubungkan dengan jaringan internet, untuk melakukan berbagai aktivitas misalnya mengirim/menerima email, menjelajah web, dan lain-lain. Antarmuka dengan pengguna menggunakan layar sentuh multi-touch (atau bisa juga disebut dengan layar sentuh kapasitif) dengan papan ketik virtual dan tombol. I-Phone 4 adalah versi terbaru yang dikeluarkan oleh Apple Inc.

Head-to-Head

Ok, setelah intro kini kita langsung kepada head to head antara Android dan I-Phone 4. Dimana kita akan bandingkan fitur-fitur yang dimiliki oleh kedua produk tersebut kemudian ditentukan siapa yang lebih unggul.

  1. Baterai
    • Pada ponsel Android baterai yang digunakan dapat dengan mudah dilepas dan diganti. Baterai untuk Android pun dapat dengan mudah Anda beli di toko yang menjualnya. Untuk masalah pengisian baterai, Android menggunakan micro kabel USB yang tersedia banyak di toko-toko komputer.
    • Untuk  I-Phone, Anda tidak dapat mengganti baterai, bahkan melihatnya pun sulit, sehingga bila sewaktu-waktu terjadi masalah pada baterai yang harus Anda lakukan adalah telepon Steve Jobs dan berdoa semoga ia dapat memperbaiki dan mengembalikannya. Masalah pengisiannya pun sama Anda harus menggunakan produk dari Apple yang asli yang belum tentu tersedia dimana saja.Pemenangnya adalah : Android
  2. Jumlah aplikasi yang tersedia

    • Sampai saat ini jumlah yang aplikasi yang tersedia untuk Android berkisar 70.000 aplikasi dan terus bertambah.
    • Untuk pengguna I-Phone sampai saat ini aplikasi yang tersedia mencapai 230.000 dan terus bertambah.Pemenangnya: I-Phone
  3. Internal & Eksternal Memory
    • Untuk Android sendiri memori internal yang dimiliki tidak terlalu besar sehingga pihak Google menambahkan tambahan slot eksternal SD card. Hanya saja sering terjadi kasus dimana data pada eksternal memory loss(hilang) atau data corupt.
    • Pada I-Phone hanya terdapat internal memory, pihak Apple tidak menyediakan slot tambahan untuk memory. Kekurangan ini ditutupi Apple dengan memberikan kapasitas memori internal yang besar untuk I-Phone.Pemenangnya : I-Phone
  4. Internal & Eksternal Memory

    • Untuk Android sendiri memori internal yang dimiliki tidak terlalu besar sehingga pihak Google menambahkan tambahan slot eksternal SD card. Hanya saja sering terjadi kasus dimana data pada eksternal memory loss(hilang) atau data corupt.
    • Pada I-Phone hanya terdapat internal memory, pihak Apple tidak menyediakan slot tambahan untuk memory. Kekurangan ini ditutupi Apple dengan memberikan kapasitas memori internal yang besar untuk I-Phone.Pemenangnya : I-Phone
  5. Desain Hardware/Tombol/Apps dan Editing Teks

    • Hal yang sangat disayangkan pada Android adalah tidak adanya suatu aturan yang pasti dari segi desain. Ini jelas terlihat pada aplikasi satu dengan yang lain dimana penggunaan tombol tidaklah sama. Permasalahan juga terjadi pada editing teks dimana setiap aplikasi memiliki spesifikasi mereka masing-masing. Dan juga seringnya desain yang dibuat terkesan “biasa” saja.
    • Untuk urusan desain Apple lebih baik,desain yang diperlihatkan amat kaya warna dan penggunaan tombol dan editing teks untuk semua aplikasi sama, sehingga amat memudahkan user.Pemenangnya : I-Phone
  6. Jailbreak, File Transfer, dan Kamus

    Jailbreak secara umum berarti membuat iPhone untuk bebas di modifikasi, dan menghilangkan berbagai macam keterbatasan-keterbatasan yang ada pada iPhone 

    • Pada Android terdapat fitur jailbreak ,sehingga Android dapat dibawa kemana saja bahkan ke luar negeri tanpa harus mengganti SP,sedangkan untuk file transfer di Android Anda tinggal plug & play seperti layaknya memiliki external harddisk. Fitur Kamus mengunakan pengenalan suara dan pengaturan user sehingga lebih flexsible dan mudah digunakan.
    • Sebaiknya jangan anda terapkan Jailbreak pada I-Phone karena dapat berakibat garansi anda hilang dan membuat I-Phone yang ada miliki mati total. Untuk file transfer memerlukan setingan tersendiri dari I-Phone ke Laptop, aplikasi kamus pada I-Phone ini juga kurang begitu baik karena menggunakan AI sehingga bila anda memiliki kebiasaan buruk dalam pengejaan maka secara otomatis AI tsb akan menghapus data yang benar dan menggantinya dengan data yang salah.Pemenangnya: Android
  7. OS Upgrade

    • Pada Android OS yang dimiliki tidak dapat diupgrade
    • Berbahagialah bagi yang memiliki I-Phone karena OS yang digunakan dapat diupgrade hingga Apple merilis sendiri OS yang lebih canggih.Pemenangnya: I-Phone

Kesimpulan yang dapat diambil adalah kedua ponsel smartphone diatas memiliki kegunaan masing-masing, sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila anda ingin performa yang memadai dengan budget terbatas disarankan pilih Android, namun bila ingin smartphone yang seimbang baik dari segala sisi maka iPhone cocok menjadi pilihan anda. Semoga Bermanfaat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: