Posted by: gagah35 | June 3, 2011

Sony PSN “Kemalingan”

Apakah anda memiliki konsol next-gen PS3 dan sering berinternet ria dalam dunia PSN?? Kalau iya maka sebaiknya mulai dari sekarang anda berhati-hati. Ini dikarenakan sistem PSN amatlah rapuh sehingga dapat dengan mudah dibobol dan mengakibatkan jutaan personal id jatuh ketangan para hacker.

Apa itu PSN??

Jika anda penggemar konsol game dan memiliki PS3 maka anda tentu tidak akan asing dengan istilah PSN. Ya, PSN adalah singkatan dari PlayStation Network suatu sistem yang dimiliki oleh Sony dengan tujuan memfasilitasi para pemilik/pengguna PS3 untuk dapat bermain game online secara bersama-sama (multiplayer) sekaligus dan juga sebagai sebuah media  pengiriman jasa digital. Dengan adanya PSN ini anda dapat dengan mudah mendownload game-game dll untuk PS3 dengan mudah, cepat dan aman, walau untuk mendownload game kita harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit tapi itu setimpal dengan pelayanan yang disediakan. Karena antusias dari para pengemar game amatlah tinggi, Sony kembali mengeluarkan “PSN Cards” yaitu kartu kredit yang dapat diggunakan sebagai alat pembayaran digital dalam PSN Store sebuah virtual market dalam PSN, Jepang adalah negara pertama peluncuran dari PSN Cards ini.

Regitrasi dan Fitur-fitur dalam PSN

Untuk dapat menikmati fasilitas PSN terlebih dahulu user harus mendaftar baik melalui PS3, PSP atau PC. Kemudian didalamnya akan ada 2 tipe akun yaitu Master Account dan Sub Account dimana perbedaan antara keduanya jika Master account mendapatkan akses penuh terhadap setting PSN miliknya sedangkan Sub Account tidak. Perlu diketahui bahwa user harus sudah berumur 18 thn + untuk dapat membuat Master Account. Setelah mendaftar user akan dapat menikmati berbagai macam fasilitas yang disediakan mulai dari Setting profil, jual-beli barang/content, bersosialisasi, video chat, online gaming, internet browsing dan lain-lain. Karena alasan inilah jumlah pengguna PSN membengkak hingga 77 juta account user.

PSN Kemalingan!!!!

Karena berbagai fitur-fitur menarik yang dapat diberikan oleh PSN khususnya fitur jual-beli maka tidak heran jika PSN menjadi target sasaran oleh para kriminal dunia cyber. Tujuannya tidak lain adalah menperoleh akun-akun master sehingga data pribadi user dapat dengan mudah disalah-gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Tetapi bermodalkan nama besar tentu saja sistem keamanan berlapis-lapis yang dimiliki oleh SONY tidak dengan mudah dapat dibobol. Namun kenyataan yang terjadi dilapangan justru sebaliknya, pada bulan April 2011 PSN kemalingan untuk pertama kalinya dimana diperkirakan sebanyak 25 juta akun user telah dibobol oleh hacker. Siapa pihak yang bertanggung jawab dalam masalah ini masih dalam misteri, sedangkan kerusakan yang diterima PSN hingga kini masih belum bisa diperbaiki oleh pihak SONY, mengakibatkan kerugian yang diterima oleh tidaklah sedikit. Untuk para user kerugian yang mereka dapat adalah uang mereka hilang secara misterius tanpa dapat dijelaskan oleh pihak SONY, oleh karena itu pihak SONY telah meminta maaf secara langsung kepada pihak-pihak yang dirugikan dalam konfrensi press di Jepang. Dimana mereka berjanji untuk segera memperbaiki sistem PSN ini dan juga memberikan ganti rugi yang pantas pada para pemilik akun yang telah dibobol. Dan semoga masalah tersebut dapat teratasi  dengan cepat dan oknum yang bertanggung jawab segera tertangkap.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: